Ini Cara Mengatur Keuangan Di Tengah Wabah Corona

Bulan Ramadan ini dapat menjadi awal yang baik untuk menabung dan berinvestasi karena bulan ini Anda menerima uang THR . Ternyata KTM yang kamu punya bisa berguna untuk mendapatkan beberapa diskon yang nggak bisa didapat oleh orang lain, lho. Manfaatkan KTM-mu untuk biaya transportasi, beli buku, atau beli makan. Cobalah untuk menulis rencana dan tujuan penggunaan uangmu di setiap bulannya.

Berikut adalah cara yang dapat membantu Anda memulai untuk belajar melakukan pengelolaan finansial. Memahami apa arti kesehatan finansial adalah hal yang baik untuk memulai menata finansial. Astle mengatakan kesehatan finansial terdiri dari tiga komponen; yaitu literasi keuangan , perilaku finansial dan emosi inside terhadap uang . Kalau bisa juga, Anda membuat tabungan khusus, agar dana yang disisihkan tidak terpakai.

Tips mengatur keuangan

Salah satu ketrampilan yang harus mulai dipelajari remaja adalah bagaimana mengatur keuangan. Jika Anda berusia 20-an, dapat bertahan dengan tingkat kontribusi persen dari penghasilan. Sedangkan seseorang yang mulai menabung dalam usianya 50-an harus menyumbang 60 persen dari gajinya untuk pensiun. Jika Anda menghabiskan lebih dari yang Anda hasilkan, perbaiki anggaran Anda dengan memotong pengeluaran yang tidak perlu atau menghasilkan lebih banyak.

Misalnya, membeli baju anak karena lucu dengan motifnya, bukan karena fungsinya. Tetapi pada kondisi tertentu Parent Pinters mungkin saja membutuhkan dana pinjaman yang cepat dan besar jumlahnya untuk digunakan sebagai pembiayaan pendidikan anak-anak yang mendesak. Artinya kamu butuh tambahan dana untuk mengatur keuangan yang lebih baik. Alih-alih membeli barang baru, pertimbangkan untuk berbelanja barang bekas, atau bertanya kepada kerabat dekat apakah ada yang memiliki barang bekas yang mungkin tersedia. Anak tidak akan peduli tentang jenis label piyama barunya, mainan yang mereka punya, dia hanya akan peduli tentang kenyamanan.

Kartu kredit memang baik digunakan untuk mendapatkan promo, sehingga kamu bisa membayar lebih murah. Namun begitu, jika menggunakan kartu kredit secara terus menerus, biasanya akan ada kecenderungan untuk menggunakan secara tidak terkontrol. Tentunya hal ini bisa memberikan dampak buruk jika terjadi tanpa sadar, tagihan yang datang di bulan depan bisa membengkak secara tiba-tiba. Maka dari itu, ubah kebiasaan untuk selalu menggunakan uang tunai untuk transaksi sehari-hari. Pastikan juga kartu debit atau uang elektronik yang digunakan memang sudah dibatasi nominalnya untuk penggunaan sehari-hari. Investasi saat ini dapat kamu lakukan dengan nominal yang relatif rendah.

Satu rekening khusus dipakai sebagai arus kas dan bisa diambil untuk membiayai berbagai kebutuhan dan pembayaran. Rekening kedua tidak boleh diganggu gugat karena diperuntukkan untuk tabungan maupun dana darurat. Mulailah mengatur keuangan pribadi dari mencatat arus kas sampai mempertimbangkan asuransi dan investasi. Bagi Sedulur yang telah berkeluarga, menyusun rencana keuangan keluarga adalah hal yang sangat penting. Langkah pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah mengevaluasi cicilan bulanan, terutama cicilan yang paling penting seperti rumah.

Penting untuk kita ketahui, bagaimana situasi COVID-19 ini mengubah kondisi finansial kita. Pertahankan bagian-bagian yang sudah sehat dan perbaiki bagian-bagian yang masih belum sehat. Pengeluaran keluarga harus diatur secara baik agar dari pendapatan yang diperoleh, kita dapat hidup sejahtera. Jangan lupa ya, perlu memonitor untuk jumlah dana darurat yang sudah terkumpul, kurang berapa dan tentunya hati-hati dengan inflasi.

Nggak ada yang nggak mungkin, kamu pun bisa mendapatkan monetary freedom versi kamu dengan melakukan investasi atau membangun sebuah bisnis usaha. Nah, di toples kedua ini sisihkanlah 10% dari penghasilanmu untuk berinvestasi atau seenggaknya kamu tabung dulu dan jangan gunakan untuk keperluan apa pun di luar investasi atau modal bisnis. Selain uang aman, mudah untuk melakukan transaksi, dengan rekening pun jadi bisa menahan sedikit keinginan untuk menghabiskan uang. Untuk kamu yang punya aktivitas lain selain kuliah, seperti menjadi bendahara organisasi atau mempunyai sebuah usaha, sebisa mungkin jangan campurkan rekening pribadimu dengan uang kegiatan lain, ya. Buatlah rekening khusus untuk menyimpan uang selain uang pribadi agar kamu nggak bingung sendiri saat mengatur pembukuannya. Dari beberapa finance weblog yang saya baca sepertinya blogsabda ini yang paling element dan mudah dipahami.

Kunci sukses dalam mengelola keuangan ada pada disiplin dan konsistensi diri. Membuat rekening bank bersama usai melangsungkan pernikahan adalah langkah cerdas. Menurut Michael Fitzgerald, Public Accountant bersertifikat di Houston, Texas, hal tersebut akan mempermudah kamu dan pasangan dalam mengontrol pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya.

Dengan demikian, manajemen keuangan akan lebih mudah dikontrol dan digunakan untuk keperluan penting di kemudian hari dan untuk mengembangkan usaha. Bisa saja, uang dari hasil usaha Anda gunakan untuk keperluan pribadi. Setelah rekening dibuat, Anda pun harus berkomitmen tidak akan mencampur kembali uang tersebut. Dikhawatirkan, jika rekening pribadi dan hasil usaha menjadi satu Anda tidak akan mengetahui mana uang untuk usaha dan pribadi.