Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa

Agar dapat menjadi seorang pengusaha dalam bidang hukum tentu bukan hal yang gampang. Terkadang mahasiswa jurusan ilmu hukum harus menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi agar masyarakat lebih percaya pada lembaga hukum tersebut. Kita tahu bahwa di jaman sekarang ini sudah banyak sekali contoh pengacara yang sukses karena membuka lembaga bantuan hukum tertentu. Sejauh ini selalu ada saja mahasiswa yang membutuhkan bantuan orang lain yang lebih menguasai mata kuliah tertentu untuk menaikkan Indeks Prestasi . Tentu ini adalah peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan bisnis bimbingan belajar.

Negara Eropa yang satu ini selain memiliki kurikulum terbaik, tetapi juga universitas-universitas terbaik yang sudah memiliki reputasi world dalam menghasilkan lulusan yang sukses dalam bidang bisnis. Dengan belajar di luar negeri, mahasiswa akan selalu replace terhadap penggunaan teknologi maupun tren bisnis yang populer, sehingga dapat menciptakan sendiri mannequin bisnis yang sejalan dengan perkembangan jaman. Bidang kewirausahaan juga harus melek teknologi terbaru dan tren bisnis yang sedang populer saat ini untuk menjadi pengusaha yang sukses. Mulai dari membuka usaha sederhana secara on-line hingga mendirikan perusahaan yang mempekerjakan sejumlah karyawan. Jika diartikan secara umum, Usaha merupakan kegiatan atau aktivitas seseorang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Namun jika dalam ilmu fisika, usaha adalah gaya yang diberikan kepada benda.

Ia mengaku dirinya tidak mungkin hanya mengandalkan pemberian orang tua saat merantau di Jakarta. Milenial ini bertekad membuka usaha jualan seluler hasil dari tabungannya sendiri meski awalnya mendapat penolakan dari kedua orang tuanya. Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengatakan, pengembangan kemampuan mahasiswa berwirausaha menjadi salah satu fokus pembobotan kemampuan mahasiswa di UNG. Hal dilakukan agar lulusan UNG tidak hanya unggul dari segi akademik semata, namun juga dibarengi dengan kemampuan menjadi dalam berwirausaha. Bagi mahasiswa yang ingin menjadi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah akan dimanjakan dengan kemudahan. Sebelum adanya UU Cipta Kerja, perizinan untuk UMKM membutuhkan biaya mahal dan prosedur belibet.

Skema Bantuan Pinjaman ini dengan sasaran para pengusaha muda termasuk pegusaha muda dengan bisnis berbasis IT atau Startup. Dana yang dialokasikan untuk skema ini direncanakan sebesar Rp one hundred miliar dan dikelola melalui manajemen LPDB- KUMKM. Pecandu recreation, bagi kalangan mahasiswa yang mengaku keranjingan game ternyata juga bisa membuka peluang bisnis dari hobi yang dimiliki. Contohnya saja dengan menjadi sport developer, membuka bisnis sport on-line, rental PS , dan lain sebagainya. Jian adalah salah satu mahasiswa yang berani mengisi waktu produktifnya tidak hanya untuk kegiatan perkuliahan namun juga berani mengembangkan dirinya menjadi seorang wirausaha.

Sebab, sekarang itu sudah zamannya media sosial, gunakan media sosial untuk berjualan. “Kami punya tugas menularkan virus wirausaha kepada mahasiswa yang sudah mempunyai cita-cita jadi pengusaha. Untuk itu, Kita tinggal menduplikasi berbagai program yang sudah ada di Kota Batam atau kepri pada umumnya,” tandasnya. “Kiat sukses untuk menjadi pengusaha adalah Anda harus berani gagal dalam menjalankan sebuah proses. Tunda kesenangan yang bersifat sementara dan bekerja keras sejak dini. Jangan pernah menunda kesuksesan hanya karena ingin menikmati masa remaja,”katanya.

Karena tidak dapat dipungkiri saat ini Usaha Mikro Kecil Menegah menjadi salah satu tolak ukur kemajuan ekonomi di suatu daerah. Dalam sebuah materi perkuliahan digital, Sandiaga Uno berpesan agar mahasiswa dan generasi muda bisa menjadi pengusaha sejak dini. Ia mengatakan bahwa saat ini Indonesia masih kekurangan pelaku usaha. Jadi pengusaha muda hal mudah, dibutuhkan berbagai pengalaman dan pengetahuan. Seperti yang dilakukan Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia Makassar menggelar Dialog Entrepreneurship yang bertajuk “Titian muhibah dua serumpun”.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Yana kemudian sedikit berbagi pengalamannya ketika pertama kali merintis usaha pada saat di penghujung ‎Sekolah Menengah Atas . Hal itu tidak terlepas dari keinginannya untuk melanjutkan kuliah namun terbentur persoalan biaya. Dengan latar belakangnya sebagai seorang pengusaha, Yana menyatakan, modal utama untuk menekuni dunia wirausaha ‎adalah memiliki niat yang kuat.

Dari Pengalaman, negara yang berhasil pulih dari krisis ekonomi dengan cepat adalah negara yang memiliki usaha kecil menengah dalam jumlah yang banyak. Sehingga solusi untuk keluar dari krisis adalah uhasa kecil menengah bukan perusahaan besar. Khoerul menuturkan, motivasi dirinya dalam menjalankan usaha di bidang susu karena pengalamannya yang mengikuti apa yang sudah orang lain lakukan dan itu berhasil. “Diharapkan, pameran produk mahasiswa ini dapat lebih dikenal masyarakat dan bisa memberikan diferensiasi dari program entrepreneur yang ada. Setelah melakukan riset pasar, selanjutnya persiapkan jaringan bisnis yang hendak Anda jalankan karena kunci sukses dalam berbisnis tergantung dari berhasil tidaknya seseorang membangun dan mengembangkan jaringan.