5 Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Mahasiswa Di Tahun 2021

Hanya bermodalkan perkakas dan pengetahuan tentang perakitan komputer Anda bisa membuka usaha jasa servis dan instalasi komputer. Anda juga dapat memanfaatkan sosial media dan juga kekuatan networking untuk memasarkan jasa Anda. Jasa laundry pakaian merupakan peluang yang cukup besar, terutama di daerah perkotaan atau dekat dengan kost-kostan.

Bisnis rumahan untuk mahasiswa

Di mana kebutuhan utama bagi mahasiswa adalah harus membayar uang bulanan tempat tinggal yang biasa disebut uang kostan, belum lagi uang jajan untuk kebutuhan makan sehari-hari. Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan bahwa seorang mahasiswa bisa membuka usaha sendiri, selain untuk menambah penghasilan dari orangtuanya juga membantu kebutuhan lainnya. Namun ada salah satu kendala bagi mahasiswa yang menghalangi untuk membuka usaha, kendala yang dimaksud yaitu modal usaha. Jadi, Tidak menutup kemungkinan bila bisnis sampingan mahasiswa ini bakal berhasil menembus pasar yang lebih luas. Salah satu bidang jasa freelancer yang juga memiliki banyak permintaan adalah jasa desain.

Tentunya, dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian Desa Bawuran,” ujar Emmita. Diharapkan, lanjut Emmita, setelah mengikuti pelatihan ini warga Desa Bawuran dapat menghasilkan produk keripik daun kelor yang siap untuk dipasarkan. Saat Anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, berarti Anda harus siap menginvestasikan kembali sebagian dari laba atau keuntungan yang telah Anda dapatkan. Mulailah dengan memisahkan rekening pribadi Anda dengan rekening bisnis Anda. Cocok untuk mereka yang baru saja merintis usaha konveksi, tidak punya modal besar untuk merekrut penjahit yang profesional. Paper flower ini menjadi sangat diminati karena harganya juga jauh lebih murah di bandingkan dengan dekorasi yang lainnya.

Apabila Anda adalah ibu rumah tangga yang ingin mendapat uang tambahan, Anda dapat memikirikan untuk memulai bisnis rumahan. Jika ingin berbisnis jus buah, modal yang Anda keluarkan tidaklah terlalu besar. Anda hanya membutuhkan alat berupa blender dan juga buah-buahan. Sementara untuk stand/tempat penjualan Anda dapat bekerjasama dengan koperasi atau pegawai kantin.

Usaha yang masih dalam taraf rumahan dengan modal yang tak begitu besar tentu menyulitkan para pemilik untuk berkembang dan mempromosikan usahanya dengan lebih baik. Pemilik laundry rumahan yang menaruh layanan laundry nya di Hai Clean bisa menentukan tarif laundry nya sendiri, mengadakan promosi maupun diskon, dsb. Untuk fasilitas-fasilitas bagi pemilik laundry tersebut, penyedia aplikasi Hai Clean tidak memungut jasa.