Tips Mahasiswa Sukses Jadi Entrepreneur

Kita juga harus mulaimembiasakan melihat pesaing dengan menentukan kekuatan dan kelemahan mereka, karena ini akan jelas membantu kita untuk proses selanjutnya. Tapi kata Mark Zuckerberg, CEO Facebook“Resiko terbesar dari bisnis adalah saat kita tidak mengambil resiko apapun. Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat, satu – satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil resiko”.

Kemudian uang itu digunakan untuk membeli siler, plastik kemasan, dan membeli keripik di centra keripik PU, Bandarlampung. Kertiga, kreativitas, kunci atau modal utama orang yang hendak terjun dalam usaha ini harus kreatif dan inovatifterhadap hasil produk maupun untuk melangkah ke pemasaran. Semangat adalah nafsu untuk bekerja, berjuang dan bertindak atau melakukan sesuatu yang berlandaskan kekuatan, kegembiraan, serta gairah batin. Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah menghadapi persaingan yang lebih kompetitif, sehingga harus memiliki modal sebagai berikut pertama, kemauan atau minat. Minat atau keinginan adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, misalnya berminat menjadi wirausaha.

Setelah itu, cobalah memberikan hasil racikan Anda kepada orang terdekat untuk mendapatkan hasil dari eksperimen tersebut. Jika ada feedback yang menjelaskan kekurangan, yang harus dilakukan adalah mencatatnya untuk dipelajari lebih lanjut. Semakin Anda sering berlatih dan menerima kekurangan, maka akan semakin cepat progres yang didapat. Sementara Annisa, sesuai jurusannya, mengaku ingin berbisnis tanaman hias. Tetapi sebaiknya, bukan hanya membuat web site saja yang Anda lakukan melainkan juga mengurus konten internet itu sendiri. Jadi jasa yang Anda jual bakal mumpuni dan lengkap mulai dari pembuatan, optimasi web site hingga menciptakan branding produk atau perusahaan menjadi bersinar.

Penghasilan dari usaha ini juga bisa ditambah dengan menjual gorengan, rokok, mie instan atau minuman lainnya. Bisnis ini termasuk ke dalam golongan bisnis dengan perputaran modal yang cepat. Tetapi patut untuk diwaspadai, jangan sampai terbuai oleh keinginan untuk mencari keuntungan besar dengan cepat. Karena bisnis ini juga melibatkan persaingan yang ketat, jadi sebaiknya berikan harga yang kompetitif sehingga kios pulsa Anda tidak ditinggalkan oleh konsumen karena harga yang terlalu mahal. Walaupun hanya usaha sampingan, tetapi survei tetaplah perlu dilakukan. Survei ini bertujuan untuk mengetahui harga pasaran pulsa di sekitar Anda, dan bisa dilakukan dengan cara cek harga di pedagang pulsa terdekat.

Langkah-langkah mahasiswa memulai wirausaha

Tidak mudah memang, hingga tidak sedikit yang masih muda dan mulai berbisinis akhirnya tersandung dan gagal. Berikut adalah beberapa ideas memulai usaha yang bisa berguna untuk mahasiswa yang bermimpi menjadi entrepreneur muda. Jika semuanya telah diperhitungkan dan direncanakan dengan baik, maka budget yang dibutuhkan harus kita siapkan. Dalam proses menyiapkan modal ini, Anda bisa memanfaatkan fitur pada produk tabungan Jenius dari Bank BTPN yang bisa menjadi media tepat untuk mengatur keuangan. Jika Anda menyukai dan menekuni salah satu bidang olahraga maka Anda bisa membuka bisnis untuk menjadi seorang private trainer.

Peluang ini hampir tidak membutuhkan modal selain kemampuan membangun jaringan pemasaran melalui on-line dengan menggunakan HP Anda. Sedangkan produk yang Anda jual adalah produk orang lain yang memang disediakan untuk dijualkan orang lain. Ketua Prodi D3 Akuntansi Ibu Yeni Priatna Sari., M.Si., AK., ASEAN CPA menambahkan memulai wirausaha mandiri tidak lah harus menjadi ahli di semua bidang. “Dari memulai kita akan mendapatkan pengalaman dan knowledge yang dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausaha. Acara webinar tersebut bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa khususnya mahasiswa D3 Akuntansi sehingga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya berwirausaha di waktu muda,” tegas Yeni. Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa desain grafis bisa dimulai dengan komputer/laptop dan printer.

Namun juga sebaliknya, UMKM dapat juga disebut sebagai laboratoriumnya mahasiswa karena tidak sedikit mahasiswa yang melakukan praktek di UMKM sebagai contoh Kuliah Kerja Nyata . Cara terbaik mempelajari frequent mistakes adalah berinteraksi langsung dengan pelaku usaha yang pernah mengalaminya. Pelajarilah kiat-kiat mereka untuk bangkit dari kesalahan dan untuk memperbaiki kesalahan itu.

Banyak manfaat yang dapat diambil dari penyelenggaran seminar ini, antara lain diharapkan para peserta yang kebanyakan dari usia muda, dapat lebih mengenal wirausaha. Hal ini akan mendorong para usia muda untuk mencoba memulai usaha sejak dini dan nantinya akan dapat menekan angka pengangguran. Dengan adanya budaya wirausaha dikalangan pemuda, maka akan memunculkan figur mandiri, inovatif, selalu berkembang, dan yang paling penting tidak bergantung pada pekerjaan menjadi pegawai, karyawan, dsb. Sama seperti menjalankan bisnis, terlalu banyak teori justru memusingkan dan malah menghambat niat bisnis Anda.